Pemkab Batang Anjurkan Sekolah Memilih Wisata Edukatif Lokal

- 20 Mei 2024, 08:41 WIB
Pemkab Batang Anjurkan Sekolah Memilih Wisata Edukatif Lokal
Pemkab Batang Anjurkan Sekolah Memilih Wisata Edukatif Lokal /

KABARBATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah, mengajak sekolah-sekolah untuk memilih wisata edukatif lokal dalam kegiatan study tour tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang, Bambang Suryantoro Sudibyo, menegaskan bahwa panduan baru telah diumumkan untuk memastikan keselamatan dan keandalan penyedia jasa selama study tour.

Kebijakan ini bukan merupakan larangan, tetapi lebih sebagai dorongan untuk lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih agen perjalanan yang terpercaya.

Baca Juga: Selamat Jalan Prof Salim Said, Tokoh Pers dan Perfilman Nasional Meninggal Dunia

Bambang Suryantoro mengingatkan pihak sekolah agar tidak hanya mengandalkan agen perjalanan, tetapi juga turut memeriksa kondisi bus yang akan digunakan.

Ia menekankan pentingnya mengunjungi objek wisata lokal sebagai langkah awal untuk memahami kekayaan daerah sendiri, yang juga akan memberi manfaat ketika siswa berinteraksi dengan masyarakat di luar kota.

"Kegiatan study tour bukanlah kewajiban, melainkan kesempatan untuk belajar dan berinteraksi dengan dunia di luar sekolah," ujarnya.

Baca Juga: Uniknya Koper Calon Jemaah Haji Agar Tak Tertukar, Dipasang Sandal hingga Boneka Kecil

Setiap keputusan terkait study tour harus dibahas mendalam dengan orangtua siswa, memastikan bahwa setiap langkah yang diambil adalah demi kebaikan bersama.

Fauzi Fallas, pengusaha PO Muda Perkasa, menambahkan bahwa insiden yang menimpa rombongan study tour di Subang, Jawa Barat, terjadi karena kurangnya kontrol terhadap kendaraan.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah