POPTI Batang Terus Kampanyekan Cegah Penyebaran Thalasemia, Apresiasi kepada Para Pendonor di CFD

- 20 Mei 2024, 13:33 WIB
POPTI Batang Terus Kampanyekan Penyebaran Thalasemia, Apresiasi kepada Para Pendonor di CFD
POPTI Batang Terus Kampanyekan Penyebaran Thalasemia, Apresiasi kepada Para Pendonor di CFD /Pemkab Batang




KABAR BATANG - Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia (Popti) Batang terus menggencarkan sosialisasi pentingnya pencegahan terhadap penyebaran Thalasemia dikarenakan belum sepenuhnya masyarakat paham betul tentang antisipasinya diantaranya dengan melakukan cek darah di fasilitas kesehatan yang ada.

Dalam kampanyenya Popti membagikan balon sebagai simbol ucapan terima kasih kepada para pendonor, yang peduli terhadap kelangsungan hidup penderita Thalassemia pada agenda CFD di Alun - alun Batang.

“Masih banyak yang belum paham, bahkan kurang peduli, padahal Thalassemia itu perlu diminimalisir bahkan diputus penyebarannya, dengan melakukan cek darah dulu sebelum menikah,” katanya, saat menyosialisasikan pencegahan Thalassemia, di Alun-alun Batang, Kabupaten Batang, Minggu 19 Mei 2024 seperti dikutip dari laman Pemkab Batang.

Baca Juga: Uniknya Koper Calon Jemaah Haji Agar Tak Tertukar, Dipasang Sandal hingga Boneka Kecil

Ia sangat mengapresiasi pada Dinas Kesehatan, PMI dan RSUD Batang yang telah mengupayakan ketersediaan komponen darah Leucodepleted, yang menimbulkan reaksi lebih rendah 38 persen daripada non Leucodepleted yang mencapai 62 persen.

“Dibandingkan kota tetangga, Batang jauh lebih siap dalam memenuhi kecukupan stok komponen darah Leucodepleted, yang sangat membantu para penderita Thalassemia,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Batang Didiet Wisnuhardanto memastikan, agar seluruh warga terkover BPJS Kesehatan. Pihaknya intens mengupayakan Kabupaten Batang untuk tergolong dalam Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta.

Baca Juga: Pemkab Batang Anjurkan Sekolah Memilih Wisata Edukatif Lokal

“Kalau termasuk dalam UHC, otomatis mereka yang terindikasi Thalasemia, tetap mendapatkan perawatan kesehatan yang terkover BPJS,” ujar dia.***

Editor: Verdy

Sumber: Pemkab Batang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah