Pemkot Pekalongan Perketat Uji Kelaikan Bus Cegah Kecelakaan

- 18 Mei 2024, 18:50 WIB
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid /doc. Pemkot Pekalongan/

KABARBATANG - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengambil langkah tegas dengan memperketat pemeriksaan kondisi fisik bus serta kelengkapan administrasi kendaraan (ramp check) untuk mencegah kecelakaan di jalan raya.

Wali Kota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid, menyatakan bahwa langkah ini diambil sebagai respons terhadap insiden kecelakaan bus di Jawa Barat yang disebabkan oleh rem blong, yang mengakibatkan banyak korban.

“Kami meminta agar kondisi bus semuanya diperiksa dengan teliti, jangan sampai ada kelalaian yang terjadi saat menempuh perjalanan,” kata Afzan di Pekalongan pada hari Kamis.

Baca Juga: Polres Purbalingga Lakukan Pemeriksaan Kelaikan Bus Angkutan Umum dan Pariwisata

Dia menekankan pentingnya kesiapan pemilik perusahaan otobus (PO) dan panitia rombongan dalam memastikan kondisi bus sebelum perjalanan, terutama mengingat saat ini adalah musim "study tour", ziarah, dan wisata.

Afzan juga menyoroti pentingnya peran pemilik PO dan guru sebagai panitia wisata studi untuk mengutamakan keselamatan penumpang.

"Sopir bus harus diingatkan untuk berhati-hati, terutama jika kondisi mengemudi sudah membahayakan. Semua pihak harus berbenah dan memastikan kondisi bus dalam keadaan baik, terlebih sebentar lagi akan ada bus rombongan haji," tambahnya.

Baca Juga: Sahabat Luthfi, Relawan Ahmad Luthfi Perkuat Jaringan Akar Rumput

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua bus yang beroperasi di wilayah Pekalongan dalam kondisi laik jalan dan siap untuk menempuh perjalanan dengan aman, sehingga diharapkan dapat mencegah terulangnya insiden kecelakaan seperti yang terjadi di Jawa Barat.***

Editor: Eko Wahyu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah