Pemkot Pekalongan Gencarkan Program Imunisasi Lengkap Cegah Polio

- 18 Mei 2024, 18:59 WIB
Pemkot Pekalongan Gencarkan Program Imunisasi Lengkap Cegah Polio
Pemkot Pekalongan Gencarkan Program Imunisasi Lengkap Cegah Polio /

KABARBATANG - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, terus menggencarkan program imunisasi lengkap untuk anak-anak balita sebagai upaya mencegah penyakit polio.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, mengungkapkan bahwa virus polio dapat menyerang sistem saraf pusat manusia dan menyebabkan kelumpuhan mendadak jika menyerang saraf motorik.

"Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk memberikan imunisasi lengkap kepada anak-anak mereka. Polio memang tidak bisa diobati, tetapi bisa dicegah melalui imunisasi," ujar Slamet Budiyanto pada hari Selasa.

Baca Juga: Pemkot Pekalongan Perketat Uji Kelaikan Bus Cegah Kecelakaan

Slamet menjelaskan bahwa virus polio dapat menyebar melalui tinja, terutama jika orang buang air besar secara sembarangan, yang kemudian mencemari air di sekitarnya.

Air yang terkontaminasi virus polio dari tinja ini dapat menyebabkan penularan penyakit polio.

Selain pemberian vaksin, menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan perilaku hidup bersih, seperti mencuci tangan dengan sabun, juga penting dalam pencegahan penyakit ini.

Baca Juga: Polres Purbalingga Lakukan Pemeriksaan Kelaikan Bus Angkutan Umum dan Pariwisata

Ia mengimbau masyarakat untuk segera melapor kepada petugas kesehatan atau puskesmas terdekat jika menemukan anak di bawah usia 15 tahun yang menunjukkan gejala kelumpuhan mendadak.

Slamet, didampingi oleh Sub Koordinator Surveilan Kurmanto, juga mengajak orang tua yang belum memberikan imunisasi polio kepada anak-anak mereka untuk segera melengkapi status imunisasi anak.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah