6 Manfaat Lada Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

- 14 Mei 2024, 10:41 WIB
Lada merupakan bumbu yang sering kita temui di dapur, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Selain memberikan rasa pedas yang khas pada masakan, lada juga memiliki sifat-sifat penyembuhan yang menakjubkan.
Lada merupakan bumbu yang sering kita temui di dapur, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Selain memberikan rasa pedas yang khas pada masakan, lada juga memiliki sifat-sifat penyembuhan yang menakjubkan. /Pixabay/

KABARBATANG – Selain untuk melezatkan masakan, lada ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengontrol kadar gula darah.

Lada terbagi atas 2 jenis, yaitu lada putih dan pada hitam. Keduanya berasal dari tanaman yang sama melalui proses pengeringan.

Bedanya, lada hitam berasal dari buah mentah yang dikeringkan. Sedangkan lada putih berasal dari buah yang matang dan dikeringkan, lalu dikupas dari kulitnya.

Lada menyimpan berbagai kandungan nutrisi. Berbagai kandungan tersebut mendukung manfaat lada untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

Baca Juga: 6 Manfaat Tempe Gembus yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat lada diperoleh dari senyawa alami utamanya, yaitu piperin, yang bersifat antioksidan, antibakteri, dan anti radang. Selain itu, lada juga mengandung nutrisi lain berupa kalsium, magnesium, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin E.

Berkat nutrisinya yang melimpah, lada sering kali digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu.

Berikut ini adalah 6 manfaat lada bagi kesehatan.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Piperin dalam lada mampu mencegah diabetes tipe 2. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa piperin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Halaman:

Editor: Nur Afiani


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah