Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Lengkap, Mulai Niat, Doa dan Waktu Pelaksanaannya

- 5 Desember 2023, 05:14 WIB
Tata cara shalat taubat beserta niatnya
Tata cara shalat taubat beserta niatnya /Muhammad Faiz/

KABARBATANG.COM - Dalam artikel ini, kami akan memberi informasi tentang bagaimana tata cara melakukan taubat nasuha yang sesuai dengan tuntunan syari'at agama Islam. Taubat nasuha merupakan salah satu upaya yang sebaiknya dilakukan oleh seorang muslim untuk meminta ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Manusia adalah tempatnya salah dan doa baik disengaja maupun tidak. Kalau dosa antar sesama manusia kita harus meminta maaf kepada yang bersangkutan, maka dosa kepada Allah kita harus meminta ampunan kepada-Nya.

Setelah kita melakukan dosa, baik itu dosa-dosa kecil manusia seperti ghibah, riya dan suudzon maupun dosa seperti berbohong, zina, dan rentenir yang mesti kita lakukan adalah mengucap istighfar sebanyak-banyaknya lalu meminta ampunan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Idul Adha, Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah, Lengkap dengan Doa Buka Puasa dan Keutamaannya

Salah satu cara yang paling dianjurkan oleh para ulama untuk meminta ampunan dan melebur dosa-dosa yang telah kita lakukan, terutama dosa-dosa besar seperti zina adalah melakukan shalat taubat nasuha.

Waktu Pelaksanaan Shalat Taubat

Sebenarnya untuk melakukan sholat taubat 2 rakaat ini tidak ada waktu khusus, namun beberapa ulama menganjurkan untuk melakukan sholat taubat di awal Ramadhan dan di malam hari setelah tidur dan sebelum sholat subuh.

Ada juga yang menganjurkan untuk segera melakukan sholat taubat setelah kita melakukan suatu dosa, adapun waktunya seperti halnya melakukan sholat tahajud yaitu pada waktu sepertiga malam dan dilakukan setelah tidur terlebih dahulu.

Namun, pendapat yang lain mengatakan, manusia tidak perlu menunda atau menunda. Oleh karena itu, setiap muslim yang telah melakukan kejahatan atau dosa disarankan untuk segera bertaubat.

Para ulama berpendapat, bahwa shalat taubat adalah sholat sunah yang waktu pelaksanaannya mutlak, artinya bisa dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam. Namun ada kalanya shalat taubat diharamkan, yaitu:

Halaman:

Editor: Miftah Rizzi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah