Tim Pemkot Surakarta Amankan Makanan Kedaluwarsa Jelang Natal dan Tahun Baru

- 12 Desember 2023, 06:53 WIB
Tim Pemkot Surakarta cek makanan kedaluwarsa jelang Natal Tahun Baru
Tim Pemkot Surakarta cek makanan kedaluwarsa jelang Natal Tahun Baru /

KABARBATANG - Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan Pemerintah Kota Surakarta melakukan pemeriksaan keamanan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

Pemeriksaan dilakukan di Pasar Sidodadi Kleco dan Pusat Oleh-Oleh Makutho di Kecamatan Laweyan, Solo, Senin (20/7/2023).

Tim A yang terdiri dari petugas Dinas Kesehatan (Dinkes), bagian Protokol, Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah, Dinas Ketahanan Pangan, petugas Satpol PP, dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) setempat menemukan beberapa produk pangan yang sudah kedaluwarsa.

Baca Juga: Petugas Gabungan Razia Indekos dan Mes Pemandu Lagu di Purwokerto

"Barang yang sudah kedaluwarsa kami amankan dan dititipkan ke Lurah Pasar, untuk selanjutnya diambil oleh para sales, tetapi kalau dalam jangka waktu tertentu jika tidak diambil barang tersebut akan dimusnahkan," kata Kepala Bidang Penyediaan Fasilitas Kesehatan dan Kefarmasian, Dinkes Kota Surakarta Anom Yuliansyah.

Pemkot Surakarta akan terus melakukan pemantauan perdagangan pangan, olahan, makanan kecil, dan pangan siap saji di Kota Surakarta hingga awal Tahun 2024.

Hal ini bertujuan untuk memastikan produk pangan yang beredar di Solo tetap dalam pengendalian.

Baca Juga: BNN Jateng Gelar Tes Urine Aparatur Sipil Negara Wonosobo, Termasuk Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat

Tim pemeriksaan juga menemukan penjualan pangan curah tanpa mencantumkan informasi produk, minim pengendalian hama, pangan yang dijual tidak memiliki izin edar, tanpa izin produk sama sekali, dan ditemukan pangan yang sudah kadaluarsa masih dipasang di etalase.

Makanan itu, semua diambil untuk dikembalikan ke selesnya atau dimusnahkan.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah