Info Harga Sembako Hari ini, 10 Juni 2022 di Kota Surakarta Propinsi Jawa Tengah

- 10 Juni 2022, 13:41 WIB
Cabai, salah satu macam sembako / Pixabay Jill Wellington
Cabai, salah satu macam sembako / Pixabay Jill Wellington /

TENTANGBATANG.COM Sembilan Bahan Pokok atau lebih dikenal sebagai Sembako, adalah rincian kebutuhan utama sehari-hari masyarakat. Hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan makan untuk masyarakat.

Adapun yang termasuk sebagai sembako adalah : beras, bawang merah, bawang putih, cabe, daging ayam, daging sapi, garam, gas elpigi, gula pasir, ikan, minyak goreng, dan telur ayam.

Jika warga Indonesia dapat memenuhi sembako tiap harinya, maka bisa dibilang kebutuhan makannya terpenuhi dan tidak ada masalah. Harga sembako tiap harinya bisa saja berubah-ubah.

Baca Juga: Info Harga Sembako Hari ini di Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah Tahun 2022

Beberapa hal yang memengaruhi harga sembako adalah :

  1. Faktor cuaca

Cuaca yang tidak menentu dapat berpengaruh terhadap sembako, contohnya cabai. Di musim hujan seperti sekarang ini harga cabai bisa saja mahal. Karena ketika hujan cabai bisa gagal panen. Sehingga ketersediaan cabai di pasaran menjadi langka. Hal ini membuat harga cabai menjadi naik.

  1. Distribusi

Penyaluran bahan pokok turut menyebabkan naik turunnya harga bahan pokok tersebut. Penyaluran yang tersendat menyebabkan pasokan bahan pokok tidak lancar.

Baca Juga: Info Harga Sembako Hari ini di Kota Surakarta Propinsi Jawa Tengah Tahun 2022

Infrastruktur menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kelancaran distribusi sembako. Selain itu faktor eksternal ternyata turut berpengaruh terhadap kestabilan harga sembako.

Halaman:

Editor: Agus Susilo Nugroho

Sumber: Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah