Jangan Sampai Hangus! BLT El Nino Rp. 400.000 Cair Hari ini, Beda dengan Bansos Reguler Apa Cirinya?

- 20 Desember 2023, 13:40 WIB
Ilustrasi pencairan bansos BPNT Desember 2023
Ilustrasi pencairan bansos BPNT Desember 2023 /

KABARBATANG.COM – Berbeda dengan bansos reguler, berikut ini ciri-ciri BLT El Nino Rp. 400.000 yang cair ke KPM. Segera chek dan jangan sampai hangus.

Bantuan BLT El Nino adalah subsidi yang berupa uang tunai diberikan lansung kepada masyarakat akibat penurunan daya beli di tengan fenomena El Nino. Sementara, El Nino sendiri merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) yang normalnya berlangsung di Samudera Pasifik bagian tengah.

Baca Juga: Jadwal Shalat Lima Waktu Kabupaten Kudus dan Sekitarnya, Rabu 20 Desember 2023

Untuk saat ini pemerintah terus menyelesaikan proses penyaluran bantuan tambahan BLT El Nino 400.000. Penyaluran BLT El Nino sudah dilakukan mulai dari Kota Pekalongan sejak tanggal 13 Desember 2023 lalu. BLT El Nino pertama kali dibagikan langsung oleh Presiden Jokowi Kepada 250 Keluarga Penerima Manfaat di Kantor Pos Pekalongan.

Seperti bansos biasanya, penyaluran BLT El Nino ini juga dilakukan dengan dua cara yaitu lewat Kantor Pos dan Transfer Bank.

Setelah penyaluran BLT El Nino di Pekalongan, Presiden Jokowi melanjutkan pembagian bansos tersebut di kota Malang, Jawa Timur  pada tanggal 14 Desember 2023. Setelah itu penyaluran BLT El Nino baru ke seluruh Indonesia secara bertahap.

Berikut ini ciri-ciri BLT El Nino 400.000 yang Cair Hari Ini !

BantuanBLT El Nino ini dibagikan kepada 18,8 juta KPM yang terdaftar sebagai penerima BPNT murni dan BPNT+PKH.

Baca Juga: Jadwal Shalat Lima Waktu Kabupaten Purworejo dan Sekitarnya, Rabu 20 Desember 2023

Seperti bansos reguler, penyaluran BLT El Nino dilakukan dengan dua cara yaitu melalui Kantor Pos dan Transfer Bank tanpa adanya pemberitahuan terlebih dadulu. Maka dari itu, bagi KPM pemegang Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS merah putih, bisa langsung melakukan penarikan di ATM BRI, BNI atau Mandiri.

jadi jika memang sudah ada dana masuk ke rekening KKS, disarankan untuk segera diambil.Karena jika dana bantuan yang sudah dikirim dan tidak diambil setelah tanggal 31 Desember 2023, akan ditarik dan dikembalikan ke kas Negara.

Halaman:

Editor: Nur Afiani


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah