Inspirasi Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah agar Tetap Produkfit Menghasilkan Keuntungan

- 2 Agustus 2022, 15:01 WIB
Limbah tempurung kelapa dapat dijadikan kerajinan yang menghasilkan keuntungan
Limbah tempurung kelapa dapat dijadikan kerajinan yang menghasilkan keuntungan /Pixabay/huyenxu94/

TENTANGBATANG.COM - Secara bahasa, limbah merupakan sisa hasil produksi. Produksi di sini memiliki arti yang lebih luas, jadi tak hanya tentang produksi pabrik. 

Kehidupan rumah tangga juga menghasilkan limbah. Contoh limbah yang dihasilkan rumah tangga misalnya sampah anorganik dan sampah organik.

Kedua jenis limbah ini ternyata bisa diolah kembali. Limbah organik merupakan limbah yang berasal dari bahan-bahan alami, sebaliknya untuk limbah anorganik.

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menjanjikan di Tahun 2022

Sisa sayuran, kulit buah, buah busuk, tulang ikan merupakan beberapa contoh limbah organik. Sedangkan limbah anorganik misalnya botol, kaleng, plastik, dan lain-lain.

Sampah organik dapat diolah kembali untuk dijadikan pupuk kompos. Untuk sampah anorganik, pengolahannya mengikuti kaidah Tiga R (reuse, reduce, recycle).

Reuse artinya menggunakan kembali sampah anorganik. Reduce artinya mengurangi penggunaan sampah anorganik. Sedangkan recycle mengolah kembali sampah anorganik.

Baca Juga: Cek Harga Bahan Pokok Hari ini Pada Beberapa Pasar di Kabupaten Batang, Update Per Minggu, 12 Juni 2022

Recycle inilah yang menjadi topik dalam artikel wirausaha kerajinan bahan limbah. Kami akan sajikan contoh kerajinan dari bahan limbah yang dapat menginspirasi anda berwirausaha.

Halaman:

Editor: Agus Susilo Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x